1.Peranan
Komunikasi dalam bisnis.
Seperti
pada bab 1 yang sedikit menjelaskan peranana atau fungsi dari komunikasi dalam
bisnis yang menjadi media dalam promo.tetapi tidak hanya menjadi media promosi,
tapi komunikasi juga menjadi nyawa bagi sebuah organisasi maupun bisnis .Peran
komunikasi dalam sebuah organisasi atau bisnis di antaranya adalah:
- Saling bertukar informasi
- Saling bertukar pilihan
- Untuk membuat rencana dan proposal
- Untuk mencapai mufakat
- Mengirim dan memenuhi pesanan
- Melakukan transaksi atau penjualan
- Melaksanakan keputusann
- Saling bertukar informasi
- Saling bertukar pilihan
- Untuk membuat rencana dan proposal
- Untuk mencapai mufakat
- Mengirim dan memenuhi pesanan
- Melakukan transaksi atau penjualan
- Melaksanakan keputusann
2.Tujuan
dari komunikasi dalam bisnis
Secara
umum, ada tiga tujuan komunikasi bisnis, yaitu:
1. Informing( Memberi informasi )
2. persuading (Persuasi )
3. collaborating (Melakukan kolaborasi)
1. Informing( Memberi informasi )
2. persuading (Persuasi )
3. collaborating (Melakukan kolaborasi)
3.Umpan balik
dan bentuk bentuknya
Dalam
suatu acara seminar seorang pembicara memberikan materi seminar kepada peserta
seminar dengan cara dan gaya yang enak, sehingga selesai pemberian materi
mendapat tepuk tangan yang meriah dari para peserta seminar yang hadir.
Pemberian materi di sini dinamakan pesan (message), sedangkan tepuk tangan
merupakan umpan balik.(feedback )
Bentuk-bentuk
umpan balik antara lain :
1.
External Feedback : diterima langsung dari komunikan oleh komunikator
2.
Internal Feedback : diterima oleh komunikator dari komunikator itu sendiri
3.
Direct Feedback : komunikan menggerakan salah satu anggota badannya secara
langsung
4.
Indirect Feedback : diterima dalam bentuk surat kepada redaksi surat kabar,
penyiar radio dll
5.
Inferential Feedback : diterima dalam komunikasi massa dan disimpulkan sendiri
oleh komunikator
6. Zero
Feedback : umpan balik tidak dipahami oleh komunikator
7.
Neutral Feedback : informasi yang diterima tidak relevan dengan pesan yang
disampaikan
8.
Positive Feedback : komunikasi yang disampaikan mendapatkan tanggapan yang
positif
9.
Negative Feedback : komunikasi yang disampaikan mendapatkan tanggapan yang
negatif
4.Kesalahpahaman
dalam berkomunikasi
Masalah
Dalam Mengembangkan Pesan: Masalah dalam mengembangkan suatu pesan dapat
mencakup antara lain munculnya keragu-raguan tentang isi pesan, kurang terbiasa
dengan situasi yang ada atau penerima, adanya pertentangan emosional, atau
kesulitan dalam mengekspresikan ide atau gagasan.
Masalah
dalam Menyampaikan Pesan: Masalah dalam penyampaian pesan yang paling jelas
adalah faktor phisik, misalnya sambungan kabel yang jelek.
Masalah
Dalam Menerima Pesan: Masalah yang muncul dalam penerimaan suatu pesan antara
lain adanya persaingan antara penglihatan dengan suara, kursi yang tidak nyaman,
lampu yang kurang terang, dan kondisi lain yang dapat mengganggu konsentrasi
penerima.
Masalah
Dalam Menafsirkan Pesan: Meskipun suatu pesan mungkin hilang selama proses
penyampaian pesan terjadi, namun masalah terbesar adalah pada mata rantai terakhir,
dimana suatu pesan ditafsirkan oleh penerima pesan.
5.Memperbaiki
komunikasi dalam organisasi.
Bagi
seorang organisator untuk dapat melakukan komunikasi dalam organisai yang
efektif diperlukan beberapa persyaratan, yaitu:
·
Persepsi
·
ketetapan
·
kredibilitas
·
pengendalian
·
kecocokan
sumber :
elearning.gunadarma.ac.id
google.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar