Senin, 13 Juni 2016

BAB 2.Peranan Komunikasi dalam Dunia Bisnis

1.Peranan Komunikasi dalam bisnis.
Seperti pada bab 1 yang sedikit menjelaskan peranana atau fungsi dari komunikasi dalam bisnis yang menjadi media dalam promo.tetapi tidak hanya menjadi media promosi, tapi komunikasi juga menjadi nyawa bagi sebuah organisasi maupun bisnis .Peran komunikasi dalam sebuah organisasi atau bisnis di antaranya adalah:
- Saling bertukar informasi
- Saling bertukar pilihan
- Untuk membuat rencana dan proposal
- Untuk mencapai mufakat
- Mengirim dan memenuhi pesanan
- Melakukan transaksi atau penjualan
- Melaksanakan keputusann
2.Tujuan dari komunikasi dalam bisnis
Secara umum, ada tiga tujuan komunikasi bisnis, yaitu:
1. Informing( Memberi informasi )
2. persuading (Persuasi )
3. collaborating (Melakukan kolaborasi)
3.Umpan balik dan bentuk bentuknya
Dalam suatu acara seminar seorang pembicara memberikan materi seminar kepada peserta seminar dengan cara dan gaya yang enak, sehingga selesai pemberian materi mendapat tepuk tangan yang meriah dari para peserta seminar yang hadir. Pemberian materi di sini dinamakan pesan (message), sedangkan tepuk tangan merupakan umpan balik.(feedback )
Bentuk-bentuk umpan balik antara lain :
1. External Feedback : diterima langsung dari komunikan oleh komunikator
2. Internal Feedback : diterima oleh komunikator dari komunikator itu sendiri
3. Direct Feedback : komunikan menggerakan salah satu anggota badannya secara langsung
4. Indirect Feedback : diterima dalam bentuk surat kepada redaksi surat kabar, penyiar radio dll
5. Inferential Feedback : diterima dalam komunikasi massa dan disimpulkan sendiri oleh komunikator
6. Zero Feedback : umpan balik tidak dipahami oleh komunikator
7. Neutral Feedback : informasi yang diterima tidak relevan dengan pesan yang disampaikan
8. Positive Feedback : komunikasi yang disampaikan mendapatkan tanggapan yang positif
9. Negative Feedback : komunikasi yang disampaikan mendapatkan tanggapan yang negatif

4.Kesalahpahaman dalam berkomunikasi
Masalah Dalam Mengembangkan Pesan: Masalah dalam mengembangkan suatu pesan dapat mencakup antara lain munculnya keragu-raguan tentang isi pesan, kurang terbiasa dengan situasi yang ada atau penerima, adanya pertentangan emosional, atau kesulitan dalam mengekspresikan ide atau gagasan.
Masalah dalam Menyampaikan Pesan: Masalah dalam penyampaian pesan yang paling jelas adalah faktor phisik, misalnya sambungan kabel yang jelek.
Masalah Dalam Menerima Pesan: Masalah yang muncul dalam penerimaan suatu pesan antara lain adanya persaingan antara penglihatan dengan suara, kursi yang tidak nyaman, lampu yang kurang terang, dan kondisi lain yang dapat mengganggu konsentrasi penerima.
Masalah Dalam Menafsirkan Pesan: Meskipun suatu pesan mungkin hilang selama proses penyampaian pesan terjadi, namun masalah terbesar adalah pada mata rantai terakhir, dimana suatu pesan ditafsirkan oleh penerima pesan.

5.Memperbaiki komunikasi dalam organisasi.
Bagi seorang organisator untuk dapat melakukan komunikasi dalam organisai yang efektif diperlukan beberapa persyaratan, yaitu:
·         Persepsi
·         ketetapan
·         kredibilitas
·         pengendalian
·         kecocokan
sumber :
elearning.gunadarma.ac.id
google.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar